SMPIT Insan Mubarak berqurban

SMPIT Insan Mubarak- Pada hari jum’at lalu 01/09/2017 seluruh umat islam merayakan hari besar idul adha, Tak lepas juga SMPIT Insan Mubarak juga ikut serta menyambut hari raya yang identik dengan POTONG HEWAN QURBAN. antara lain hewan yang boleh di potong adalah: onta, sapi, kerbau dan kambing. tentunya hewan yang di perbolehkan untuk di jadikan qurban adalah yang sudah memenuhi ketentuan yang ada di dalam syari’at islam. Namun ada yang berbeda dengan qurban di SMPIT Insan Mubarak kali ini, umumnya qurban di lakukan pada hari jum’at akan tetapi SMPIT Insan Mubarak melaksanakan pada hari senin. why…??? apakah boleh? tunggu sebentar, hari senin merupakan hari tasyrik yang ketiga alias hari terakhir masih di perbolehkanya untuk berqurban.

Ustadz muhammad fahmi sebagai ketua panitia qurban dari jauh2 hari sudah merencanakan agenda kurban pada tahun ini agar berjalan sukses dan lebih baik dari tahun kemarin. tentunya berbagai pertemuan, rapat dan koordinasi di lakukan ketua panitia guna menjadikan kegiatan berqurban agar berjalan sebaik mungkin.  untuk tahun kali ini qurban bertempat di Asrama ikhwan yang jaraknya tidak jauh dari sekolahan. sekitar 100.an meter kalo di perkirakan dari sekolahan. karna lokasi yang strategis dan lumayan luas panitia akhirnya memutuskan bertempat di lokasi tersebut.

Kurban pada tahun kali ini mengalami kemajuan yang dulunya tidak sampe 10 ekor kambing sekarang mencapai 15 ekor kambing. Semoga dengan berqurban kita selalu dekat kepada ALLAH SWT. , oleh karna jika kita sudah mampu untuk melaksanakanya jangan tunggu besok” lagi. qurban juga mengajarkan kita arti peduli sesama. menyucikan diri, dan medekatkan diri kepada ALLAH SWT. adapun dalil tentang perintah berqurban adalah:

 

1. Al-Qur’an S. Al-Kautsar: 1 – 2,

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban.”

2. Al-Qur’an S. Al-Hajj: 37,

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ

”Daging-daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

3. Al-Qur’an S. Al-Hajj: 36,

فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ

“Maka makanlah sebagiannya (daging kurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.”

 

itulah beberapa dalil tentang perintah berqurban, semoga kita selalu di mudahkan untuk menjalankan tukun islam yang kelima ini pada tahun yang akan datang.

 

#pesantrenjakarta

#smpit

#almubarakjakarta

#pesantren

#boardingschool

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *